Twitter Diblokir di Negara Nigeria Karena Hapus Cuitan Presiden

Pemerintah Nigeria mengumumkan pemblokiran media sosial Twitter di negaranya. Twitter diblokir usai cuitan dari Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari, dihapus dari media sosial berbasis teks tersebut.

Menteri Informasi dan Budaya Nigeria Lai Mohammed mengatakan, keputusan ini diambil karena “penggunaan platform yang terus-menerus untuk kegiatan yang bisa merusak keberadaan Nigeria”.

Twitter Diblokir di Negara Nigeria Karena Hapus Cuitan Presiden

Baca juga “Asal Mula TikTok Media Sosial Dari Cina“. Dan temukan berbagai artikel dan informasi lainnya seputar media sosial dan perkembangan media. Sehingga Anda tidak tertinggal dengan berita viral yang sedang ramai di seluruh dunia saat ini.

“Pemerintah Federal telah menangguhkan operasi microblogging dan layanan media sosial Twitter tanpa batas waktu di Nigeria,” kata akun Twitter Kementerian Informasi dan Kebudayaan Nigeria.

Nigeria Ancam Penjara Warganya yang Masih Gunakan Twitter

Bukan hanya sekedar memblokir penggunaan Twitter masuk di Negeria. Pemerintahan Nigeria pun mengancam akan menangkap dan memproses hukum warganya yang masih menggunakan platform media sosial tersebut. Pasalnya, setelah pemblokiran tersebut, banyak warga Nigeria yang menggunakan VPN agar tetap bisa menggunakan Twitter.

Selasa kemarin, Buhari mengancam akan menyerang oposisi-oposisi di tenggara Nigeria yang ia anggap sudah keterlaluan via Twitter. Ia bahkan menyamakan situasi yang ia hadapi dengan Perang Saudara Nigeria – Biafra, dari 1967 hingga 1970, di mana tiga juta orang tewas.

Nigeria Ancam Penjara Warganya yang Masih Gunakan Twitter

Di saat bersamaan, Asosiasi Pengacara Nigeria mengancam bakal memperkarakan Pemerintahan Nigeria soal pemlokiran Twitter. Mereka menganggap tindakan Buhari melanggar konstitusi dan juga menuduh mereka membuat keterangan palsu soal Twitter digunakan untuk mengancam korporasi.

Sementara itu, tim Kebijakan Publik Twitter dalam pernyataannya mengatakan, mereka sangat prihatin dengan pemblokiran. Tim juga mengatakan akan bekerja keras agar bisa memulihkan akses di Nigeria.

Reuters sebelumnya melaporkan, situs web Twitter sudah tidak bisa diakses melalui beberapa operator seluler Nigeria. Namun demikian, situs web tampak bisa diakses secara sporadis oleh operator lain di Lagos dan Abuja, dua kota terbesar Nigeria.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan untuk Anda saat ini, nantikan selalu berita terbaru dari kami setiap harinya.